Jumat, 08 Mei 2015

Oli Mobil dan Diesel pada Mesin Sepeda Motor

Beberapa hari ini lagi sering mantengin thread Kaskus plus Fanpage di Facebook tentang oli mesin diesel dan oli mesin mobil yang dimasukkan ke dalam mesin motor. Mungkin memang terdengar aneh namun hal ini nyata terjadi. Ada sebagian orang yang menggunakan kedua jenis oli tersebut kedalam mesin sepeda motornya.

Berdasarkan apa yang tercantum di dua tempat tersebut oli mobil maupun oli diesel yang dimasukan kedalam mesin motor itu aman. Oli mobil digunakan untuk motor matic yang notabene menggunakan tipe kopling kering, sedangkan oli mesin diesel digunakan untuk motor yang menggunakan tipe kopling basah (bebek dan motor sport).

Keunggulan menggunakan oli mobil pada sepeda motor matic adalah menjadikan mesin motor matic lebih bertenaga, hal ini diakibatkan karena oli mobil lebih licin ketimbang oli motor matic biasa sehingga motor matic menjadi lebih gampang "ngacir" ketika tuas gas diputar dan menyebabkan lebih irit BBM (bukan blackberry messenger -_-). 

Keunggulan menggunakan oli mesin diesel pada sepeda motor bebek dan sport bisa menjadi lebih minim getaran ketimbang menggunakan oli motor biasa (bunyi mesin terasa halus), masa pakai oli diesel lebih lama ketimbang menggunakan oli motor sehingga bisa menghemat pengeluaran, tidak mudah menguap, dan dapat membersihkan mesin motor secara maksimal ketimbang oli motor biasa.

Kekurangan kedua oli tersebut adalah untuk beberapa oli harga yang diberikan seringkali lebih mahal dibandingkan dengan oli motor biasa tetapi apabila dihitung secara mendalam hal ini akan berubah menjadi keuntungan karena masa pakai oli mobil dan diesel lebih tahan lama dibandingkan dengan oli motor pada umumnya. Untuk oli diesel cenderung akan lebih berat tarikan awalnya pada saat mesin masih dingin, akan tetapi jika mesin sudah mencapai suhu kerja optimal oli maka mesin akan terasa lebih bertenaga dibanding menggunakan oli motor biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar